Rabu, 03 Maret 2010

Pengantar Teknologi Informasi-Tugas Kedua-Pengenalan hardware komputer

MENGENAL KOMPUTER PRIBADI(Personal Computer) dengan KOMPONEN-KOMPONEN DIDALAMNYA.

The Personal Computer (PC) consists of 13 components which
are integrated by system. Mainboard (MB) which is a main
component is very important and called as a Central Processing
Unit (CPU) that can organize all of the components. There are
many generations of the PC dealing with the speed of
processing (CPU), the old generation was XT (x8086 or x8088)
with speed from 512 K to 1.000 K ( 1 MHz), the midle
generation was AT x286/x386/x486 with speed up to 2 MHz, and
the current generation was Pentium IV with speed up to 2.8
GHz. According to the computer improvement, hardware
improvement is faster than the software improvement.
Hardware improvement is always followed or supported by many
facturing of components, such as Intel, AMD etc. In other hand,
software improvement is quaite slow but they collaborate
between the software producer mutualy.

KOMPONEN YANG TERPASANG PADA KOMPUTER
Sebuah komputer merupakan gabungan dari 13 komponen
dimana satu sama lain saling terintegrasi, sehingga jika salah
satu komponen tidak berfungsi, maka komputer tersebut tidak
akan berfungsi dengan baik.tetapi komputer tetap bisa bekerja, hanya pada fungsi komponen tersebut saja yang tidak dapat digunakan tetapi tidak mengganggu proses kerja komputer tersebut. Misalnya pada soundcards, atau modem, meskipun kedua jenis komponen tersebut tidak dapat dioperasionalkan, komputer tetap dapat dihidupkan. Tetapi akan berbeda jika komponen yang mati adalah processor atau RAM atau monitornya

Untuk merakit sebuah komputer diperlukan komponenkomponen
sebagai berikut :
1. Mainboard
2. Processor
3. RAM (SD RAM/DD RAM)
4. Disk Drive/Floppy disk
5. Hard disk
6. Casing yang memiliki power supply tinggi 240 watt atau lebih
7. CD ROOM/DVD ROOM read or write
8. Speaker
9. Keyboard
10. Mouse
11. Monitor
12. VGA
13. Soundcard

Perkembangan teknologi informasi yang cepat, terkadang
membuat para pemakai terpancing untuk cenderung mengikutinya, tanpa ada pertimbangan yang tepat dalam hal ketersediaan dana. Demikian pula dalam hal memilih hardware mana yang harus dibeli atau software apa yang paling utama
untuk dapat memenuhi kebutuhan tersebut.

Pada Tulisan ini saya akan mencoba menjelaskan komponen-komponen yang terpasang
pada satu unit Notebook / Laptop, berikut pertimbangan untuk
membelinya. Selain itu saya juga mencoba membuat sedikit ulasan informasi tentang
kemampuan pada masing-masing komponen yang terpasang.

Pada MB (Motherboard) telah tersedia komponen yang onboard/internal maupun komponen offboard/eksternal. Komponen onboard mulai dikembangkan oleh perusahaan MB di era tahun 90an, dimana pada masa sebelumnya masih dalam kondisi offboard
(mulai dari FDD, HDD controller VGA, SOUNDCARDS dan
MODEM). Dengan kondisi tersebut, maka harga 1 unit komputer
masih tergolong sangat mahal. Seiring dengan perkembangan
teknologi yang ada, maka dengan disertakan komponen tersebut
menjadi satu kesatuan dalam mainboard membuat harganya
semakin terjangkau dan murah.

Memang ada keterbatasan pada mainboard yang
menggunakan system onboard misalnya untuk VGA (Virtual Graphics Adapter), Pada saat ini banyak program design graphics yang menuntut resolusi tinggi, sehingga dibutuhkan memory VGA yang tinggi pula. Pada VGA internal, maka
kebutuhan memory harus mengambil dari memory yang ada pada SDRAM/DDRAM yang terpasang sehingga jumlah kapasitas terpasang harus dibagi untuk VGA tersebut, sehingga mengurangi jumlah RAM (Random Acces Memory) yang ada.
Kelemahan ini memang bisa diatasi dengan memperbesar SDRAM/DDRAM yang ada, tetapi terkadang menjadikan kerja CPU (Central Processing Unit ) tidak optimal, terlebih pada saat digunakan untuk membaca gambar yang memerlukan tingkat
ketelitian yang tinggi. Komponen lain seperti SOUNDCARD, MODEM dan LAN CARD pada saat ini juga disatukan dengan Main board. Pilihan selanjutnya kepada user/pemakai apakah mau hemat atau tidak, tetapi harus diperhitungkan dengan tingkat kebutuhannya.


Notebook (Laptop) Acer AspireOne p751-2gb-250gb

MotherBoard Intel G31Gma
Motherboard merupakan sebuah papan Panel Circuit Board yang mana berguna sebagai penghubung antara kompononen-komponen di komputer / notebook.
Biasanya, motherboard berisi prosesor, BIOS, memory, mass storage interface, serial dan parallel port, slot ekspansi, dan semua yang diperlukan untuk mengendalikan pengendali, seperti tampilan layar, keyboard, dan disk drive. Secara kolektif, semua ini komponen yang terdapat di motherboard dikenal sebagai motherboard’s chipset.
Pada kebanyakan PC, kemungkinan untuk menambah memori chips langsung ke motherboard.
Motherboard memiliki cache untuk membantu kerja processor dan komponen lainnya sebagai daya ungkit kinerja komputer tersebut.

Processor * Intel Atom Z520 1.33 Ghz
Adalah pemroses data dengan berbagai perangkat pendukung. Alat ini digunakan sebagai pusat atau otak dari komputer yang berfungsi untuk melakukan perhitungan dan menjalankan tugas. Oleh karena itu prosesor menjadi tolak ukur setiap computer, dan Tipe acer-aspireone-p751 menggunakan prosesor Intel Atom Z520 dengan besar kapasitas 1,33Ghz,dengan perkembangan teknologi yang maju pesat sampai saat ini processor terakhir yang saya ketahui adalah Core Duo,Core 2 Duo dan Quad Core (AMD)prosesor,Core Duo,Core 2 Duo dan Quad Core (AMD)prosesor adalah prosesor yang dkeluarkan oleh Intel yang produknya dikenal dengan Pentium.
Core Duo,Core 2 Duo dan Quad Core (AMD)prosesor memiliki kelebihan dapat menjalankan multi tasking di saat yang bersamaan tanpa adanya hambatan contohnya menjalankan scan virus, internet explorer, windows media player secara bersamaan.
Dan AMD mendukung L2 Cache lebih tinggi dan Intel processor beserta motherboard untuk intel processor

Memory * 2 GB DDR2 SDRAM – 800 MHz
Adalah Memory yang bekerja dengan menyimpan & menyuplai data-data penting yg dibutuhkan Processor dengan cepat untuk diolah menjadi informasi. Karena itulah, fungsi kapasitas merupakan hal terpenting pada memory. Dimana semakin besar kapasitasnya, maka semakin banyak data yang dapat disimpan dan disuplai, yang akhirnya membuat Processor bekerja lebih cepat. Suplai data ke RAM berasal dari Hard Disk, suatu peralatan yang dapat menyimpan data secara permanen.

Memory berfungsi sebagai tempat penyimpanan data sementara. Memory bekerja dengan menyimpan & menyuplai data-data penting yg dibutuhkan Processor dengan cepat untuk diolah menjadi informasi.

Memori diukur dengan KB atau MB. Random Access Memory (RAM), merupakan bagian memory yang bisa digunakan oleh para pemakai untuk menyimpan program dan data. Kebanyakan dari RAM disebut sebagai barang yang volatile. Artinya adalah jika daya listrik dicabut dari komputer dan komputer tersebut mati, maka semua konten yang ada di dalam RAM akan segera hilang secara permanen.

Karena RAM bersifat temporer dan volatile, maka orang menciptakan suatu media penyimpanan lain yang sifatnya permanen. Ini biasanya disebut sebagai secondary storage. Secondary storage bersifat tahan lama dan juga tidak volatile, ini berarti semua data atau program yang tersimpan di dalamnya bisa tetap ada walaupun daya atau listrik dimatikan. Beberapa contoh dari secondary storage ini misalnya adalah magnetic tape, hardisk, magnetic disk dan juga optical disk.

DDR2 merupakan generasi lanjutan dari DDR dengan perbaikan berbagai fitur, seperti penggunakan IC BGA (Ball Grid Array) yg tahan panas & memiliki densitas tinggi serta FSB yang lebih tinggi. Karakteristik teknis DDR2 adalah 240-pin, 1.8V & FSB 400/533/667/800 MHz. DDR2 memiliki kapasitas yang lebih besar dari DDR, dimana nantinya bisa mencapai 2GB / modul. Dan saat ini DDR2 akan menjadi standar untuk semua platform Intel 2006 dan seterusnya. Tipe-tipe DDR2 : DDR 256, 512, 1.024 MB PC3200/4300/5300/6400.

Hard Drive 250 GB – Serial SATA
Adalah merupakan salah satu media penyimpan data pada komputer yang terdiri dari kumpulan piringan magnetis yang keras dan berputar, serta komponen-komponen elektronik lainnya. Hard disk menggunakan piringan datar yang disebut dengan platter, yang pada kedua sisinya dilapisi dengan suatu material yang dirancang agar bisa menyimpan informasi secara magnetis. Platter-platter tersebut disusun dengan melubangi tengahnya dan disusun pada suatu spindle. Platter berputar dengan kecepatan yang sangat tinggi yang dikendalikan oleh spindle motor yang terhubung pada spindle. Alat elektromagnetik baca tulis khusus yang bernama head terpasang pada slider dan digunakan untuk menyimpan informasi ke dalam piringan atau membacanya. Slider terpasang di atas arm, yang kesemuanya terhubung secara mekanis pada suatu kumpulan tunggal dan tersambung pada permukaan piringan melalui suatu alat yang disebut dengan actuator. Selain itu ada juga logic board mengatur aktifitas komponen-komponen lain dan berkomunikasi dengan PC.Pada spesifikasi ini Hard disk ini mempunyai kemapuan penyimpana data hingga 250Gb dan telah mengadopsi teknologi SATA yang memungkonkan lebih cepat dalam menyimpan dan mengolah data.

Kecepatan hardisk juga ditentukan pada spesifikasi perputaran per menit nya (Roung per minute). Bahkan sekarang sudah ada External Hardisk dengan konektor USB yang mana kami juga menjual harga mulai Rp. 500rb an (www.perantara.biz)

VGA Intel 945GSE
Adalah Singkatan video graphics array, yang menampilkan grafis untuk sistem komputer yang dikembangkan oleh IBM. VGA menjadi salah satu standar de facto untuk PC. Dalam mode teks, sistem VGA memberikan resolusi 720 by 400 pixel. Dalam modus grafis, adalah salah satu resolusi 640 oleh 480 (dengan 16 warna) atau 320 200 (dengan 256 warna). Total palet warna adalah 262.144.
Tidak seperti sebelumnya grafis standar untuk PC – MDA, CGA dan EGA – VGA menggunakan sinyal analog daripada sinyal digital. Akibatnya, yang dirancang untuk memantau salah satu standar yang lama tidak akan dapat menggunakan VGA.
Sejak diperkenalkan pada tahun 1987, beberapa standar telah dikembangkan yang menawarkan resolusi yang lebih besar dan lebih warna (lihat SVGA, 8514 / A grafis standar, dan XGA), tetapi tetap VGA terendah menjadi denominasi umum. Semua PC yang dibuat sekarang ini mendukung VGA, dan mungkin beberapa lainnya lebih maju dari standar.

Graphics Card * Intel 945GSE
Merupakan perangkat komputer untuk memproses gambar (display) di monitor
Networking
Jaringan ada 2,yaitu Local area network dan Wide area network,Local Area Network berjarak optimal 300 meter dengan menggunakan kabel Ethernet 10/100

FastEthernet 10/100 Mbps
10 / 100 maksudnya upload 10 Mbps download 100 Mbps

Acer InviLink™ 802.11b/g Wi-Fi CERTIFIED®
802 adalah tipe Wi-Fi 11 b/g adalah jenis wifi grid
Wide area network dapat menggunakan Radio Wireless dan juga termasuk Wi-Fi seperti yang ada di notebook yang berjalan di frekuensi 2,4 Ghz, namun Wi-Fi di notebook memiliki radius sekitar 100 meter, untuk dapat menjangkau jarak ribuan meter di perlukan menara dan point of pressence (wireless bridging) dengan perangkat antena sectoral dan booster agar supaya dapat menjangkau radius per device 700 meter, umumnya perangkat yang dipakai adalah Microtic dan untuk Radio adalah Motorolla Canopy (biasanya dipergunakan untuk meneruskan akses data dari last mile Fiber Optic).

Saat ini Telkom telah mengembangkan Metro E yang mana memungkinkan penurunan biaya pokok jasa para Internet Service Provider yang biaya sewa nya 500% lebih murah ketimbang WAN Fiber Optic. Metro Ethernet milik Telkom ini adalah bagian dari project Palapa Ring 7.

Cassing Transparan 450 Watt
Adalah Kotak komputer yang berisi Processor, Motherboard dan peripheral lainnya. Wadah ini digunakan sebagai tempat untuk melindungi motherboard, control board, power supply disk drive dan komponen-kompenen lainnya. 450 Watt merupakan spesifikasi dari power supply yang diperlukan untuk menyalakan computer, semakin tinggi spesifikasi dari computer maka diperlukan power supply yang semakin tinggi.
Fungsi dari Cassing adalah :
1. Melindungi berbagai komponen di dalamnya dari debu, panas, air, atau kotoran lainnya pada saat bekerja
2. Casing juga menjadi penting karena hampir semua periferal macam motherboard, CD-ROM drive, harddisk, dan floppy drive menggunakan casing ini sebagai tempat dudukannya alias tempat bekerjanya sehari-hari.
3. Exhaust fan yang berfungsi sebagai pendingin ruang pun, menggunakan casing sebagai tempat beroperasi mengatur suhu dalam CPU.
4. Casing PC yang juga amat penting adalah sebagai tempat dudukan tombol-tombol maupun lampu-lampu
5. Casing juga punya tugas penting yaitu sebagai “kediaman” power supply yang memberikan tenaga buat semua komponen.

Power Supplay 3-cell Lithium ion 4400 mAh
Power supply adalah komponen system unit yang mengubah arus listrik AC menjadi DC.Batere dalam keadaan normal 100% power supplay nya dalam kapasitas 4400 mAh (dalam bentuk batere 3-cell Lithium ion )
Screen * 11.6 WSVGA, 1024 x 600
Monitor adalah merupakan salah satu alat output dari computer di mana monitor adalah alat untuk menghasilkan gambar berdasarkan hasil input dari computer, 11,6″wide merupakan besaran dari besar layar computer, umumnya kualitas layar tergantung dari besarnya VGA yang biasanya dalam satuan piksel,dalam artikel ini yang digunakan yaitu 1024 x 600.

Audio * 2 difuzoare stereo incorporate
Speaker merupakan salah satu media output dalam komputer yang berfungsi menghasilkan suara yang merupakan hasil perintah input dari komputer dalam kapasitas stereo.

Acer Crystal Eye webcam
adalah alat yang fungsinya sebagai media penghubung dengan memperlihatkan tampilan berupa rekaman tayangan/gambar yang riil time,agar kita dapat berinteraksi dengan rekan/teman yang sedang kita ajak bicara.

Keyboard + mouse
Adalah merupakan media input di computer keyboard berguna untuk menginput perintah berupa huruf-huruf atau perintah tertentu untuk melakukan perintah pada system operasi, dan mouse berfungsi sebagai alat input berupa pointer untuk mengklik atau melakukan perintah tertentu.

Operating System * Windows Vista Home Premium
Setiap Komputer pasti memiliki yang namanya Sistem Operasi, dimana sistem operasi tersebut bekerja untuk melakukan tugas, seperti mengirimkan inputan yang masuk melalui keyboard, mengirimkan output tampilan ke layar monitor, menjaga file dan direktori agar tetap terjaga pada tempat penyimpanannya, dan tentunya mengontrol perangkat tambahan lainnya seperti disk drive, printers dan perangkat lainnya.
Untuk sebuah sistem yang besar, operating system memiliki tugas dan fungsi yang lebih besar, layaknya seorang penjaga lalu lintas, dimana operating sistem bertugas untuk mengatur program aplikasi berbeda yang berjalan dalam jangka waktu yang sama tanpa boleh saling bertabrakan atau crash satu dengan yang lainnya. Sistem operasi juga memiliki tanggung jawab terhadap keamanan, memastikan bahwa pengguna yang tidak dikenali tidak dapat mengakses sistem komputer.
Windows Vista Home Premium merupakan salah satu dari system operasi yang tersedia untuk computer di mana ini merupakan system operasi yang dikeluarkan oleh Microsoft yang merupakan system operasi yang paling banyak dipakai di Dunia
Setiap permukaan pada satu platter bisa menampung sekitar sepuluh milyar bit data yang diorganisasikan pada suatu “potongan” yang lebih besar dengan alasan kemudahan, dan memungkinkan pengaksesan informasi dengan lebih mudah dan cepat. Setiap platter memiliki dua head, satu di atas dan satu lagi di bawah, sehingga hard disk dengan dua platter memiliki empat permukaan dan empat head. Setiap platter menyimpan informasi dalam lingkaran-lingkaran yang disebut dengan track. Kemudian tiap track “dipotong-potong” lagi menjadi beberapa bagian yang disebut dengan sector, yang mana masing-masing sector menampung informasi sebesar 512 bytes.
 
Demikian penjelasan yang saya ketahui dan pelajari mengenai komponen komputer laptop yang ada pada artikel ini.apabila ada kekurangan tolong bimbingan dan advise dari bapak.

Regards,
Dhita

Referensi data spesifikasi :
- http://en.wikipedia.org/wiki/List_of_Intel_chipsets
- http://id.wikipedia.org/wiki/Wi-Fi
- http://multilaptops.com/acer/laptop-aspireone-p751-whiteblackblue-2gb-250gb.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar