Rabu, 03 Maret 2010

Teknologi Informasi-Tugas Pertama-PalmOne-PDA dalam bisnis

Palm Computing, Inc. berdiri sejak tahun 1992 Oleh Jeff Hawkins, yang kemudian perusahaan ini merekrut U.S Robotics pada tahun 1995,yang pertama kalinya memperkenalkan produk PalmPilot (tahun 1996).
Pada Juni 1997, bekerjasama dengan U.S Robotics dan 3Com.Akan tetapi pada tahun 1998 akhirnya 3Com membuat Palm Computering, Inc. memutuskan menjadi perusahaan independen.
Maret 2000 perusahaan mulai memasarkan dan memperkenalkan produknya secara independen kepada masyarakat luas(public).
Pada februari 2002 Palm berganti menjadi Palm source,
Dan akhirnya Pada Agustus 2003 perusahaan Palm Source bekerjasama dengan Handspring yang kemudian berganti nama menjadi “PalmOne, Inc” dan pada akhirnya pada tahun Juli 2005 PalmOne, Inc. kembali berganti nama hampir sama dengan nama awal perusahaan tersebut berdiri yaitu Palm, Inc. dan terus berkembang.








History:
Palm Computing, Inc (since 1992- Jeff Hawkins)
Merger with U.S Robotics (1995) products : PalmPilot (1996).
Palm source, Inc. (Februari 2002))
Palm Source Merger with Handspring.(Agustus 2003) was renamed
PalmOne, Inc. (Juli 2005)
Palm, Inc. (PDA) (Juli 2005)
Terus mengalami perkembangan

PalmOne merupakan Produsen pertama yang menjadi pelopor pertama kali memproduksi Personal digital assistants (PDAs) atau PDA (personal digital assistant).
dengan PDA pertama ini berbentuk seperti komputer genggam / saku yang dilengkapi dengan keyboard dan layar yang kecil serta dapat dibawa kemana-mana.Ditambah dengan fitur-fitur dasar seperti alarm, jam, kalender, kalkulator, memo, reminder, sinkronisasi infrared, agenda.
PDA banyak digunakan sebagai pengorganisir pribadi pada awalnya,contoh salah satu produknya yang pernah saya ketahui adalah Palm Pilot, Palm III, Palm V, Palm VII, Zire,Tungsten.
pada saat pertama kali PDA diperkenalkan kepada public fiturnya masih terbatas dikarenakan belum adanya akses internet(browser) dan telepon.
Dengan kurun waktu dari tahun ke tahun dalam teknologi program komputer (improvisasi,innovasi,aplikasi) dan perangkatnya seperti yang kita ketahui mengaalami perkembangan sangat baik.

Maka versi PDA pun mengalami perkembangan lebih canggih. Salah satunya pelopor kemajuannya PDA adalah Hewlett – Packard.
Hewlett – Packard dengan innovasi dan improvisasi baru,serta aplikasi yang lebih menarik fungsi kegunaannya, seperti akses internet(browser),Wi-Fi, e-mail, Radio, video, phonebook, membaca e-book,microsoft office,java dan PIM (personal information management),GPS,dll.
Salah satu ciri khas PDA yang paling utama adalah fasilitas layar sentuh.

Peranan PDA dalam dunia bisnis, yaitu:
Dapat membantu dalam mengatur jadwal/waktu dengan lebih efektif.(Mungkin Sebagian orang lebih senang apabila dia mampu menentukan jadwal kerjanya sendiri.PDA dirancang sebagai asisten pribadi digital yang praktis dan portabel. Hampir semua smartphone dan PDA memiliki aplikasi pengelolaan informasi pribadi (personal information management atau PIM).)
Selain itu peranan PDA dalam dunia bisnis bisa membuat orang tidak lagi kesulitan dalam berbisnis dengan rekan bisnis lainnya dalam segi jarak,waktu dan keterlambatan informasi, dan dengan Berbagi resources dengan mudah maka dapat menghemat waktu dan uang dikarenakan ada akses internet(browser) ,e-mail untuk menghindari adanya masalah dalam keterlambatan informasi,agenda/memo untuk mengatur jadwal penting yang sudah kita atur dan aplikasi lainnya.
PDA merupakan komputer kumpulan jaringan sedunia yang menghubungkan selain jutaan institusi bisnis tetapi juga menghubungkan pemerintahan, pendidikan, dan individu.
Melalui akses internet yang sudah terdapat fiturnya pada PDA,maka kebutuhan akan informasi yang lengkap dan up-to-date dapat dipenuhi secara cepat,efektif,dimana saja,dan kapan pun sehingga tidak akan kehilangan kesempatan berbisnis.


Regards,
Dhita Karunia Ashari



Sumber :
1.Bill Gates & Carly Fiorina.pdf
2.milestones in computer history.pdf
3.http://en.wikipedia.org

Tidak ada komentar:

Posting Komentar